Memilih Strategi Digital Marketing di 2021

strategi digital marketing

Pada langkah ini, penting juga untuk mempertimbangkan iklim ekonomi saat ini dan memahami dampaknya terhadap bisnis anda, karena tidak semua bisnis atau produk tahan resesi. Pastikan untuk memilih strategi digital marketing dengan bijak untuk mengetahui tren pasar yang akan berdampak kepada bisnis anda.

Setelah menentukan bahwa kondisi pasar tepat, sekarang saatnya untuk mulai membuat strategi periklanan Anda, kunci untuk merancang strategi iklan digital yang efektif adalah menentukan apa yang dilakukan saat ini dan ke mana arah dari pemasaran tersebut, Tanyakan pada diri Anda dan tim Anda beberapa pertanyaan penting untuk memetakan rencana Anda. Pastikan untuk mengundang pemangku kepentingan utama ke dalam ruangan untuk proses penemuan awal ini.

Macam – Macam Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Untuk menentukan sasaran periklanan Anda, Anda perlu menetapkan sekumpulan strategi tujuan tertentu, apakah itu meningkatkan penjualan dengan jumlah tertentu, digital marketing bandung membangun kesadaran merek yang lebih besar, mendapatkan demografis baru di basis pelanggan Anda, atau kombinasi dari ketiganya. Memiliki tujuan yang didefinisikan dengan jelas di atas kertas menetapkan ukuran untuk sukses.

1. Customer Acquisition

Ukuran sukses yang besar adalah akuisisi pelanggan, atau peningkatan pelanggan potensial. Anda dapat dengan mudah melacak keberhasilan konversi dengan iklan Anda melalui berbagai jenis pengukuran. Mari kita lihat contoh akuisisi pelanggan di perusahaan B2B, seperti perusahaan perangkat lunak SaaS. Untuk organisasi tersebut, iklan dianggap berhasil jika membantu merek mendapatkan prospek baru. Sedangkan perusahaan yang menjual kepada konsumen memandang iklan mereka efektif jika mendorong pembeli untuk membeli atau mendaftar ke produk atau layanan mereka, seperti pakaian atau layanan kabel televisi.

2. Customer Nurturing

Tidak semua orang yang melihat iklan Anda akan langsung membeli produk Anda, dan itulah mengapa Anda perlu membina pelanggan selama perjalanan pembelian mereka. Iklan digital adalah cara yang luar biasa untuk melakukan ini.

Pemeliharaan, proses membangun hubungan dengan calon pelanggan sebelum mereka siap membeli, adalah konsep yang cukup baru untuk menjangkau ruang iklan online, tetapi ini adalah salah satu konsep yang penting untuk dikuasai oleh perusahaan untuk mendorong akuisisi pelanggan dan ROI dengan upaya periklanan digital.

Dengan menggunakan teknologi seperti otomatisasi pemasaran dan penargetan ulang, yang merupakan proses menargetkan pelanggan secara digital berdasarkan perilaku online mereka sebelumnya, dan otomatisasi pemasaran, pemasar kini dapat menggunakan iklan untuk membina pembeli di seluruh saluran dan situs web yang dikunjungi pembeli Anda.

Sama seperti praktik pengasuhan email yang telah menghembuskan kehidupan baru ke dalam email, penargetan ulang, sebagai bentuk pengasuhan, telah memberikan kehidupan baru ke dalam iklan online. Lanskap digital berkembang dan berkembang, terus memberikan cara baru kepada pemasar untuk terlibat dengan calon pelanggan.

Memelihara dengan iklan digital adalah proses berkelanjutan yang harus berlanjut sebelum dan setelah calon pelanggan berinteraksi dengan situs perusahaan Anda.

3. Customer Loyalty, Cross-Sell, Upsell

Dalam ritel, memperoleh lebih banyak pelanggan adalah tujuan umum setiap perusahaan. Untuk mendapatkan jumlah pelanggan yang tinggi, loyalitas pelanggan, dan meningkatkan pendapatan, penting untuk mendorong penjualan baru.

Namun mendorong penjualan baru bukan hanya satu-satunya cara untuk meningkatkan pendapatan dan laba. Dengan meningkatkan nilai transaksi rata-rata Anda, atau secara umum disebut sebagai jumlah rata-rata yang dihabiskan pelanggan di situs Anda.

Di sinilah cross-selling dan up-selling muncul. Kedua teknik ini terbukti meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan di situs Anda, terutama bila digunakan dengan benar, sehingga meningkatkan pendapatan dan laba.

Cross-selling dan up-selling memungkinkan Anda untuk selalu memberikan penawaran produk yang paling relevan kepada pengunjung situs Anda dalam situasi tertentu. Dalam bisnis offline, teknik ini sama saja dengan “berpengalaman penjual”. Dapat dimengerti bahwa para penjual ini secara pribadi terbiasa dengan pelanggan mereka dan selalu mampu menawarkan produk yang tepat dalam keadaan apa pun, praktik yang sama berlaku dengan teknik penjualan silang dan penjualan atas.

4. Branding

Merek Anda adalah yang membuat Anda unik. Merek Anda sering kali terdiri dari pembeda produk, perpesanan, serta tampilan dan nuansa yang berbeda. Karena iklan digital ada di mana-mana di seluruh web, iklan digital dapat membentuk atau menghancurkan identitas merek Anda.

Menurut Marketing Land, semakin banyak perusahaan yang berinvestasi dalam periklanan digital untuk membangun kesadaran merek dengan audiens yang luas – dengan konglomerat besar seperti Unilever dan Procter & Gamble mengalokasikan sepertiga dari anggaran iklan mereka untuk upaya digital.

Iklan digital adalah komponen yang layak dari strategi branding Anda. Ini mengumpulkan keinginan dan permintaan baru untuk produk atau layanan Anda dan melambungkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan ke tingkat yang sama sekali baru — melampaui media tradisional.

Pengembangan Audiens Dan Personas

Sebagian besar bisnis memiliki banyak audiens dan oleh karena itu perlu mengembangkan persona untuk membuat iklan efektif yang beresonansi dengan setiap audiens. Persona adalah deskripsi mendetail tentang audiens, yang menyoroti perilaku, tujuan, keterampilan, dan sikap mereka.

Kreasi pribadi adalah dasar penting untuk semua upaya pemasaran, terutama dengan pembeli digital saat ini., Saat membuat strategi iklan digital, Anda harus mempertimbangkan audiens untuk siapa Anda membuat iklan? Audiens Anda yang teridentifikasi menentukan setiap aspek iklan Anda.

1. Membuat Persona Pembeli

Untuk membuat persona pembeli Anda, Anda harus melakukan wawancara dengan pelanggan, prospek, dan anggota tim penjualan Anda (jika ada). Anda juga dapat mengirimkan survei dan melakukan penelitian sendiri dengan audiens berdasarkan dari strategi digital marketing target Anda.

Setelah Anda memetakan persona Anda — dan kemungkinan besar Anda akan memiliki banyak persona — Anda dapat membuat berbagai strategi iklan yang memetakan ke setiap persona. Ini secara dramatis akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses! Pastikan Anda menguji persona Anda dari waktu ke waktu. Melakukannya akan memungkinkan Anda untuk terus mengulanginya.

2. Dimana dan Kapan Jangkau Audiens Anda

Setelah Anda mengidentifikasi audiens Anda, Anda sekarang perlu mengidentifikasi di mana menjangkau mereka melalui strategi digital marketing yang diterapkan. Dalam periklanan digital, “di mana” menandakan situs web mana yang paling mungkin sering dikunjungi oleh segmen pemirsa Anda. Jika segmen audiens Anda adalah praktisi pemasaran B2B, mereka mungkin berada di blog pemasaran atau situs yang menawarkan tips praktik terbaik pemasaran. Atau jika audiens Anda terdiri dari konsumen individu, mereka mungkin berada di situs e-niaga besar.

Sebagai pemasar, Anda perlu menentukan, berdasarkan kecenderungan online audiens Anda, di mana uang Anda paling baik dibelanjakan, apakah itu untuk tampilan, penargetan ulang, atau iklan sosial, dan di jenis situs apa untuk menempatkan iklan ini. Misalnya, jika audiens Anda diketahui menghabiskan waktu di Facebook dan Twitter, tidak diragukan lagi bahwa Anda harus memanfaatkan kedua saluran ini dengan memasukkan iklan ke situs masing-masing.

Dalam beberapa kasus, pengaturan waktu penting untuk penempatan iklan. Misalnya, jika Anda mengidentifikasi audiens Anda sebagai pekerja profesional, Anda mungkin berasumsi bahwa mereka menggunakan LinkedIn. Dari sini, Anda dapat mengidentifikasi waktu terbaik untuk menargetkan mereka. Dalam kasus ini, Anda mungkin telah mengidentifikasi hari kerja selama jam istirahat makan siang sebagai waktu terbaik untuk menarik lebih banyak perhatian audiens yang Anda tentukan.

Digital Marketing Bandung Terbaik


8 min read

Jasa Digital Marketing Bandung


11 min read

Konsultan Digital Marketing 2020


4 min read