Digital Marketing Bandung 2021

Menyambut awal tahun banyak sekali para pengusaha ataupun perusahaan yang terkenda dampak akibat pandemi virus Covid 19, dengan kata lain solusi paling tepat adalah dengan memanfaatkan layanan dari Agensi Digital Marketing Bandung dan menerapkan adaptasi bisnis melalui Digital Marketing.

Tetapi untuk menerapkan sistem tersebut tidak gampang, pelaku yang akan melakukan digital marketing mempunyai banyak tantangan, mulai dari harus menyiapkan resource dan belajar mulai dari mempelajari bagaimana search engine google bekerja dan juga tahapan mengenai memahami bagaimana langkah belajar digital marketing untuk pemula.

Strategi Digital Marketing Bisnis

Pemasaran telah berubah lebih banyak dalam 10 tahun terakhir dibandingkan dengan 100 tahun sebelumnya , mulai dari era iklan TV dan cetak dan memasuki era situs web, video online, media sosial, dan Google. Konsumen saat ini terhubung ke website kurang lebih selama 24 jam selama 1 minggu. Orang dewasa sekarang menghabiskan lebih dari 6 jam per hari untuk mengonsumsi media digital, dan itu tidak termasuk mereka yang pekerjaannya bergantung pada internet.

Bagaimana Anda mengubah konsumen online ini menjadi pelanggan yang membayar? Dengan layanan pemasaran internet peringkat teratas dari perusahaan pemasaran online pemenang penghargaan. Situs web Anda bisa dibilang aset pemasaran Anda yang paling penting dan harus berfungsi sebagai penjualan online Anda. Tapi seberapa mudah bisa ditemukan?

Suatu keputusan pembelian semakin banyak dilakukan menggunakan secara Online, oleh karena itu apapun produk yang anda jual, anda harus menggunakan media online untuk mempromosikannya karena sangat penting dengan menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing Bandung yang merupakan layanan dari Agensi Digital.

1. Menarik Banyak Prospek

Dapatkan lebih banyak pengunjung website melalui pemasaran konten (blogging), pemasaran email, pengoptimalan mesin telusur (SEO), pemasaran bayar per klik (PPC), dan media sosial.

2. Konversi Lebih Banyak Lead

Setelah Anda memiliki lebih banyak lalu lintas di situs web Anda, Anda perlu mengonversi dari pengunjung situs web anonim menjadi prospek yang dapat diidentifikasi. Kami melakukan ini melalui penawaran konten yang dapat diunduh yang tak tertahankan (seperti ebooks dan webinar), pemeliharaan prospek melalui email, pengujian A / B, dan video yang menarik.

3. Tentukan Merek Anda

Buat kerangka atau gunakan pedoman merek Anda untuk menentukan merek Anda dan bagaimana hal itu akan terjadi dalam kampanye online Anda. Pikirkan tentang poin penjualan unik Anda , suara merek, dan proposisi nilai.

4. Bangun Persona Pembeli Anda

Tentukan siapa yang ingin dijangkau bisnis Anda dengan persona pembeli kustom. Pikirkan tentang demografi pengguna, serta motivasi yang mendorong orang untuk memilih perusahaan, produk, dan layanan Anda.

Jasa Digital Marketing Bandung 2021

Digital Marketing Bandung

Digital Marketing bisa dibilang sebagai komponen pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer desktop, telepon seluler, dan media serta platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan. Perkembangannya selama 1990-an dan 2000-an, mengubah cara merek dan bisnis menggunakan teknologi untuk pemasaran.

Saat platform digital semakin dimasukkan ke dalam rencana pemasaran dan kehidupan sehari-hari, dan seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan perangkat digital daripada mengunjungi toko fisik, kampanye pemasaran digital menjadi lazim, menggunakan kombinasi pengoptimalan mesin telusur (SEO ), pemasaran mesin pencari (SEM), pemasaran konten, pemasaran influencer, otomatisasi konten, pemasaran kampanye, pemasaran berbasis data, pemasaran e-commerce, pemasaran media sosial, pengoptimalan media sosial, pemasaran langsung email, iklan tampilan, e– buku, dan disk optik serta permainan telah menjadi hal biasa.

Digital Marketing Bandung meluas ke saluran non-Internet yang menyediakan media digital, seperti televisi, telepon seluler (SMS dan MMS), panggilan balik, dan nada dering seluler yang ditahan. Perluasan saluran non-Internet membedakan pemasaran digital dari pemasaran online.

Sejarah Digital Marketing Bandung

Perkembangan digital marketing bandung tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Salah satu peristiwa penting pertama terjadi pada tahun 1971, ketika Ray Tomlinson mengirim email pertama, dan teknologinya mengatur platform untuk memungkinkan orang mengirim dan menerima file melalui mesin yang berbeda. Namun, periode yang lebih dikenal sebagai awal dari Pemasaran Digital adalah tahun 1990 karena di sinilah mesin pencari Archie dibuat sebagai indeks untuk situs FTP.

Pada 1980-an, kapasitas penyimpanan komputer sudah cukup besar untuk menyimpan sejumlah besar informasi pelanggan. Perusahaan mulai memilih teknik online, seperti pemasaran database, daripada broker daftar terbatas. Jenis database ini memungkinkan perusahaan untuk melacak informasi pelanggan secara lebih efektif, sehingga mengubah hubungan antara pembeli dan penjual. Namun, proses manual tidak seefisien itu. Pada 1990-an, istilah Pemasaran Digital pertama kali diciptakan.

Dengan debut arsitektur server / klien dan popularitas komputer pribadi, aplikasi Customer Relationship Management (CRM) menjadi faktor penting dalam teknologi pemasaran. Persaingan yang ketat memaksa vendor untuk memasukkan lebih banyak layanan ke dalam perangkat lunak mereka, misalnya aplikasi pemasaran, penjualan, dan layanan.

Pemasar digital marketing bandung juga dapat memiliki data pelanggan online yang sangat besar dengan perangkat lunak eCRM setelah Internet lahir. Perusahaan dapat memperbarui data kebutuhan pelanggan dan mendapatkan prioritas pengalaman mereka. Hal ini menyebabkan iklan spanduk pertama yang dapat diklik ditayangkan pada tahun 1994, yang merupakan kampanye “You Will” oleh AT&T dan selama empat bulan pertama ditayangkan, 44% dari semua orang yang melihatnya mengeklik iklan tersebut.

Pada tahun 2000-an, dengan meningkatnya jumlah pengguna Internet dan lahirnya iPhone, pelanggan mulai mencari produk dan membuat keputusan tentang kebutuhan mereka secara online terlebih dahulu, alih-alih berkonsultasi dengan penjual, yang menciptakan masalah baru bagi departemen pemasaran sebuah perusahaan.

Selain itu, survei pada tahun 2000 di Inggris Raya menemukan bahwa sebagian besar pengecer belum mendaftarkan alamat domain mereka sendiri. Masalah ini mendorong para pemasar untuk menemukan cara baru untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pengembangan pasar. Pada tahun 2007, otomasi pemasaran dikembangkan sebagai respon terhadap iklim pemasaran yang terus berkembang.

Otomatisasi pemasaran adalah proses di mana perangkat lunak digunakan untuk mengotomatiskan proses pemasaran konvensional. Otomatisasi pemasaran membantu perusahaan membagi pelanggan, meluncurkan kampanye pemasaran multisaluran, dan memberikan informasi yang dipersonalisasi untuk pelanggan. Namun, kecepatan adaptasinya pada perangkat konsumen ternyata tidak cukup cepat. Pemasaran digital marketing bandung menjadi lebih canggih pada tahun 2000-an dan 2010-an, ketika perkembangan perangkat yang mampu mengakses media digital menyebabkan pertumbuhan yang tiba-tiba.

Statistik yang dihasilkan pada tahun 2012 dan 2013 menunjukkan bahwa pemasaran digital masih terus berkembang. Dengan perkembangan media sosial di tahun 2000-an, seperti LinkedIn, Facebook, YouTube dan Twitter, konsumen menjadi sangat bergantung pada elektronik digital dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, mereka mengharapkan pengalaman pengguna yang mulus di berbagai saluran untuk mencari informasi produk. Perubahan perilaku pelanggan meningkatkan diversifikasi teknologi pemasaran.

Pemasaran digital marketing bandung juga disebut sebagai ‘pemasaran online’, ‘pemasaran internet’ atau ‘pemasaran web’. Istilah pemasaran digital semakin populer dari waktu ke waktu. Di AS, pemasaran online masih menjadi istilah yang populer. Di Italia, pemasaran digital digital marketing bandung disebut sebagai pemasaran web. Pemasaran digital di seluruh dunia telah menjadi istilah yang paling umum, terutama setelah tahun 2013.

Pertumbuhan media digital diperkirakan mencapai 4,5 triliun iklan online yang ditayangkan setiap tahun dengan pengeluaran media digital pada pertumbuhan 48% pada tahun 2010. Porsi iklan yang meningkat berasal dari bisnis yang menerapkan Periklanan Perilaku Online (OBA) untuk menyesuaikan periklanan bagi pengguna internet, tetapi OBA meningkatkan perhatian terhadap privasi konsumen dan perlindungan data.

Jenis – Jenis Strategi Digital Marketing 2021

Strategi Digital Marketing Bandung adalah pendekatan pemasaran jangka panjang yang dibangun di atas bisnis yang mengumpulkan informasi tentang aktivitas online pengguna Internet, dan mencoba terlihat di berbagai area. Tidak seperti teknik pemasaran tradisional, yang melibatkan pengiriman pesan satu arah langsung kepada konsumen (melalui iklan cetak, televisi, dan radio), strategi pemasaran digital berpusat pada menjangkau calon pelanggan di berbagai saluran online.

Dikombinasikan dengan pengetahuan konsumen yang lebih tinggi dan permintaan akan penawaran konsumen yang lebih canggih, perubahan ini telah memaksa banyak bisnis untuk memikirkan kembali strategi penjangkauan mereka dan mengadopsi atau menggabungkan omnichannel, teknik pemasaran nonlinier untuk mempertahankan eksposur merek yang memadai, keterlibatan, dan jangkauan.

Strategi Digital Marketing melibatkan upaya untuk menyesuaikan iklan ke platform yang berbeda, dan untuk menyesuaikan iklan untuk pembeli individu yang berbeda daripada audiens.

1. SEO

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas situs web ke situs web atau halaman web dari mesin pencari. SEO menargetkan lalu lintas tidak berbayar (dikenal sebagai hasil “alami” atau “organik”) daripada lalu lintas langsung atau lalu lintas berbayar. Lalu lintas tidak berbayar dapat berasal dari berbagai jenis penelusuran, termasuk penelusuran gambar, penelusuran video, penelusuran akademis, penelusuran berita, dan mesin telusur vertikal khusus industri.

Sebagai strategi pemasaran Internet, SEO mempertimbangkan cara kerja mesin pencari, algoritma yang diprogram komputer yang menentukan perilaku mesin pencari, apa yang dicari orang, istilah pencarian atau kata kunci yang sebenarnya diketik ke mesin pencari, dan mesin pencari mana yang lebih disukai oleh audiens yang ditargetkan.

SEO dilakukan karena situs web akan menerima lebih banyak pengunjung dari mesin pencari ketika peringkat situs web lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Pengunjung ini kemudian berpotensi diubah menjadi pelanggan.

2. Social Media Marketing

Pemasaran Social Media Marketing adalah penggunaan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk atau layanan. Meskipun istilah pemasaran elektronik dan pemasaran digital masih dominan di dunia akademis, pemasaran media sosial menjadi lebih populer baik bagi praktisi maupun peneliti.

Sebagian besar platform media sosial memiliki alat analitik data bawaan, memungkinkan perusahaan melacak kemajuan, kesuksesan, dan keterlibatan kampanye iklan. Perusahaan menangani berbagai pemangku kepentingan melalui pemasaran media sosial, termasuk pelanggan saat ini dan calon pelanggan, karyawan saat ini dan potensial, jurnalis, blogger, dan masyarakat umum. Pada tingkat strategis, pemasaran media sosial mencakup pengelolaan kampanye pemasaran, tata kelola, pengaturan ruang lingkup (misalnya penggunaan yang lebih aktif atau pasif) dan pembentukan “budaya” dan “nada” media sosial yang diinginkan perusahaan.

3. Email Marketing

email marketing adalah tindakan mengirimkan pesan komersial, biasanya ke sekelompok orang, menggunakan email. Dalam arti yang paling luas, setiap email yang dikirim ke pelanggan potensial atau saat ini dapat dianggap sebagai pemasaran email. Ini melibatkan penggunaan email untuk mengirim iklan, meminta bisnis, atau meminta penjualan atau sumbangan. Strategi pemasaran email biasanya berusaha untuk mencapai satu atau lebih dari tiga tujuan utama, untuk membangun loyalitas, kepercayaan, atau kesadaran merek. Istilah ini biasanya mengacu pada pengiriman pesan email dengan tujuan meningkatkan hubungan pedagang dengan pelanggan saat ini atau sebelumnya, mendorong loyalitas pelanggan dan bisnis yang berulang, memperoleh pelanggan baru atau meyakinkan pelanggan saat ini untuk membeli sesuatu dengan segera, dan berbagi iklan pihak ketiga.

4. Online Advertising

Periklanan online, juga dikenal sebagai pemasaran online, periklanan Internet, periklanan digital atau iklan web, adalah bentuk pemasaran dan periklanan yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan pemasaran promosi kepada konsumen. Banyak konsumen menganggap iklan online mengganggu dan semakin beralih ke pemblokiran iklan karena berbagai alasan. Saat perangkat lunak digunakan untuk melakukan pembelian, hal itu dikenal sebagai iklan terprogram.

Iklan online mencakup pemasaran email, pemasaran mesin pencari (SEM), pemasaran media sosial, banyak jenis iklan tampilan (termasuk iklan spanduk web), dan iklan seluler. Seperti media periklanan lainnya, periklanan online seringkali melibatkan penerbit, yang mengintegrasikan iklan ke dalam konten online-nya, dan pengiklan, yang menyediakan iklan untuk ditampilkan pada konten penerbit. Peserta potensial lainnya termasuk biro iklan yang membantu membuat dan menempatkan salinan iklan, server iklan yang secara teknologi mengirimkan iklan dan melacak statistik, dan afiliasi periklanan yang melakukan pekerjaan promosi independen untuk pengiklan.

Digital Marketing Channel

Cara tradisional untuk memasarkan merek, produk, dan layanan menggunakan metode tidak langsung atau langsung untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan. Metode-metode ini jelas dan sangat mudah – Anda hanya perlu menginvestasikan uang, melakukan serangkaian tindakan, dan mendapatkan hasil.

Namun, lanskap bisnis dan pemasaran telah berubah drastis dalam beberapa tahun terakhir. Metode tradisional yang sebelumnya efektif mungkin tidak seefektif di pasar saat ini yang didukung oleh kerumitan – dan banyaknya peluang – oleh Internet.

Itulah mengapa sangat penting bahwa merek dan bisnis Anda membangun dan mempertahankan keberadaan online yang sangat kuat agar cukup kompetitif untuk menjangkau audiens yang ditargetkan. Aturan pemasaran tradisional tidak selalu berlaku dalam skenario saat ini.

Namun, ada pasar baru dan pintu peluang baru yang tersedia – yang hanya dapat diakses melalui saluran pemasaran digital. Tetapi dengan beberapa alat pemasaran Internet yang tersedia, mana di antara alat-alat ini yang terbaik dan cukup layak untuk difokuskan sementara alat tersebut membawa Anda selangkah lebih dekat ke tujuan bisnis Anda?

Jawabannya akan sangat bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki dan jenis pelanggan yang Anda targetkan. Tidak semua alat pemasaran digital ini dapat diterapkan atau akan berfungsi dengan bisnis Anda. Anda perlu melakukan serangkaian tindakan yang direncanakan dengan cermat yang akan memungkinkan Anda mempelajari, menguji, dan mengukur hasil dan kinerja alat atau alat pemasaran digital yang ada dalam pikiran Anda. Dalam hal ini Digital Marketing Bandung Philippines membagikan panduan ini yang dapat membantu Anda dalam pencarian Anda untuk mengidentifikasi alat terbaik yang tersedia untuk memasarkan merek dan bisnis Anda.

1. Organic Traffic

Saluran pemasaran digital organik mencakup semua lalu lintas situs web yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo atau DuckDuckGo. Orang-orang akan menemukan situs web Anda saat menelusuri topik atau produk tertentu. Jika toko online Anda dioptimalkan dengan baik, mesin pencari akan memposisikannya di antara hasil teratas halaman pencarian. Jika Anda menginginkan lebih banyak traffic berinvestasi dalam pengoptimalan mesin telusur (SEO).

2. Website

Situs web Anda adalah alat yang harus dimiliki untuk bisnis Anda karena menyediakan platform khusus tempat Anda dapat mendidik audiens tentang merek, produk, dan layanan Anda. Ini membutuhkan pemahaman yang kuat tentang audiens target Anda dan strategi pemasaran konten yang efektif. Berapa pun ukuran perusahaan Anda, situs web dapat memberikan bisnis Anda keberadaan online yang dibutuhkannya untuk dikomunikasikan dan / atau dijual kepada prospek.

Faktanya, penelitian lain menunjukkan bahwa 69% orang Amerika telah membeli barang secara online. Apakah bisnis Anda berkaitan dengan e-niaga atau sesuatu yang lebih berorientasi layanan, baik itu B2C atau B2B, Anda harus berinvestasi di situs web. Situs web Anda adalah saluran yang ideal untuk kampanye pemasaran konten Anda.

Melalui posting blog dan pengumuman, Anda dapat memberikan pelanggan yang ada dan calon pelanggan dengan konten yang berharga dan relevan untuk membantu mereka memecahkan masalah mereka. Karena situs web memiliki kemampuan multimedia, Anda dapat dengan mudah mendistribusikan berbagai jenis konten — dari artikel hingga infografis, dan bahkan video.

Pada tingkat ketika orang-orang mengonsumsi konten, memiliki campuran yang tepat dari jenis konten berkinerja terbaik ini dapat secara eksponensial meningkatkan lalu lintas dan keterlibatan situs Anda. Pada akhirnya, ini dapat menghasilkan pengenalan merek yang lebih baik, pembangunan otoritas, dan peluang penjualan baru untuk bisnis Anda.

3. PPC

SEO akan membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi, dalam hasil mesin pencari, sehingga mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda dan berpotensi lebih banyak bisnis. Ini juga akan memungkinkan bisnis Anda muncul pada waktu yang tepat, ketika audiens Anda mencari Anda. Konten konversi yang dioptimalkan, berdasarkan pada tahap pembelian audiens Anda, akan memberi mereka pesan yang tepat.

PPC, atau iklan penelusuran, memungkinkan Anda memposisikan diri Anda di dekat bagian atas penelusuran, meskipun itu bukan tempat yang secara organik akan ditampilkan situs web Anda. Ini berfungsi dengan pengiklan yang membayar setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan online mereka. Salah satu keuntungannya adalah Anda hanya dikenakan biaya saat pengguna benar-benar mengeklik iklan Anda. Hal lainnya adalah Anda dapat menargetkan orang dengan lebih tepat berdasarkan perilaku pembelian, poin kesulitan, dan demografi.

4. Video Marketing

Pemasaran video tidak hanya telah terbukti membangun kesadaran merek, tetapi juga sangat efektif dalam meningkatkan lalu lintas dan konversi Anda. Buat blog video (vlog), berdasarkan konten blog Anda. Sematkan video itu dengan cerdas di postingan blog, sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda.

Ini akan menarik pembaca dan konversi, plus mendapatkan lebih banyak jarak tempuh dari konten Anda. Untuk mencapai jangkauan yang lebih luas dan meningkatkan peluang Anda untuk muncul di mesin telusur, distribusikan video Anda di situs seperti YouTube dan Vimeo. Pengguna melihat lebih dari satu miliar jam video setiap hari di YouTube. Promosikan video Anda di platform media sosial Anda sendiri, untuk meningkatkan berbagi di media sosial. Menyajikan informasi kunci akan membantu Anda mengaitkan dan menarik pengguna dengan cepat.

Video sosial yang cenderung mendapatkan keterlibatan paling banyak dan pembagiannya pendek, langsung pada intinya, memberikan konten yang bagus dan menghibur dengan cara yang mudah dicerna. Cara lain untuk menggunakan video secara efektif dan meningkatkan konversi adalah dengan menempatkannya di situs web Anda. Alasan mengapa video sangat berharga di situs web Anda adalah karena memungkinkan Anda untuk menyampaikan kepribadian Anda. Itu juga meningkatkan pengaruh dan persuasi, ke kapasitas yang lebih besar dari sekedar kata-kata tertulis.

Keuntungan Digital Marketing Bandung 2021

Keuntungan utama digital marketing bandung adalah bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur. Keuntungan pemasaran digital lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong penjualan online.

Dalam dekade terakhir ini dunia telah menunjukkan pergeseran paradigma dari analog ke digital. Semakin banyak orang mengonsumsi semua jenis informasi online sehingga menjadikan pemasaran digital sebagai cara terbaik untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan.

1. Jangkauan Global

Situs web memungkinkan Anda menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya dengan investasi kecil.

2. Biaya Murah

Kampanye pemasaran digital marketing bandung yang terencana dan tepat sasaran dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

3. Hasil Yang Dapat Dilacak Dan Terukur

Mengukur pemasaran online Anda dengan analisis web dan alat metrik online lainnya mempermudah untuk menetapkan seberapa efektif kampanye Anda. Anda dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web Anda atau menanggapi iklan Anda.

4. Meningkatkan Konversi

Bisnis yang memilih pemasaran digital dapat mengukur tingkat konversi secara real-time menggunakan metode sederhana. Yaitu mengidentifikasi persentase pemirsa yang diubah menjadi prospek dan kemudian pelanggan dan pada akhirnya membeli layanan atau produk. SEO, pemasaran media sosial dan pemasaran email adalah metode yang memiliki tingkat konversi tinggi karena mampu menghasilkan saluran komunikasi yang cepat dan efektif dengan konsumen.